Membuat Blog

A. Membuat Blog
Anda akan membuat Blog di domain yang menyediakan fasilitas Blog gratis, Kita gunakan salah satunya adalah wordpress.com. Sebenarnya ada banyak domain yang menyediakan blog gratis yang bisa anda manfaatkan antara lain, blogger.com, jurnalspace.com, blogsome.com, multiply.com dan lain-lain. Pemilihan hosting, akan sangat bergantung kenyamanan anda dalam menggunakannya terutama fasilitas dan kestabilan server penyedianya. Untuk menilai dan menjajagi kelebihan dan kekurangan masing-masing domain/hosting, anda dapat membuat blog di setiap domain/hosting tersebut. Rasakan bedanya. ! Namun demikian, wordpress.com cukup handal dengan fasilitas yang cukup memadai,  mudah mengoperasikan dan yang paling penting anda akan diberi lokasi space pada server secara gratis !
Menurut saya membuat blog jauh lebih mudah dibandingkan dengan membuat e-mail  Berikut langkah-langkahnya :
1. Syarat mutlak membuat sebuah blog adalah anda harus mempunyai alamat email yang masih aktif, jika belum punya silahkan buat dulu. Anda boleh membuat alamat e-mail dimana saja, misalnya yahoo.com, gmail.com, dll
2. Jika sudah punya alamat email silahkan buka browser (Internet Explorer atau Mozila fire fox) dan masuk ke wordpress.com, dengan mengetikan http://wordpress.com
3. Di halaman pertama bagian atas wordpress.com. terdapat pilihan bahasa yang anda sukai. Jika anda ingin merubah menjadi bahasa Indonesia silahkan pilih pada kotak preferred language menjadi Bahasa Indonesia. Pada Kotak dibawahnya terdapat tulisan “Daftar Sekarang !” (Sign Up Now !), jika anda tidak sabar hendak membuat blog/website, klik tulisan tersebut dengan penuh percaya diri ! Jika anda masih bisa menahan kesabaran silahkan klik terlebih dahulu fasilitas gratis apa saja yang disediakan wordpress.com. Namun pada tahap awal menurut saya, daftar saja dulu ! fasilitas gratis lainnya bisa anda pelajari belakangan ! Oke ?, Klik tulisan “Daftar Sekarang !” atau “Sign Up Now !”
4. Pada lembar/halaman kedua, anda diminta untuk mengisi kotak isian yang sangat mudah untuk dijawab yaitu :
a. Nama Pengguna/User name : Isikan nama anda, asalkan lebih dari 4 karakter/huruf. Nama ini akan muncul menyertai tulisan yang anda terbitkan/publikasikan di blog anda sebagai penulis/author. Jika tidak ingin nama anda muncul, silahkan isikan dengan nama samaran. Nama Pengguna tidak dapat disunting atau diubah, oleh sebab itu pikirkan terlebih dahulu sebelum anda menulis kotak pengguna ini. Namun saya sarankan untuk mengisi nama asli anda, sebab pada dasarnya membuat blog/situs antara lain untuk menunjukkan pada dunia bahwa anda ada dan punya ide dan informasi.
b. Kata Sandi/Password : Isi dengan kata sandi anda tapi mudah diingat oleh anda. Sandi ini bersifat rahasia, usahakan hanya anda yang tahu, kecuali anda menginginkan orang lain ikut berpartisipasi mengisi blog anda.
c. Konfirmasi/confirm : ketik ulang sandi yang telah anda tulis diatasnya.
d. Alamat email/email address : isikan alamat email anda yang masih aktif secara lengkap. Email yang ditulis akan dikirimi surat informasi administrative yang menjelaskan bahwa anda telah membuat weblog di Domain/Host wordpress.com. Surat tersebut tidak perlu dijawab karena hanya bersifat pemberitahuan.
e. Celoteh legal/Aturan main : beri tanda v, yang menyatakan bahwa anda setuju terhadap segala tatatertib dan peraturan yang telah ditetapkan oleh wordpress.com
f. Beri aku blog/gimme my blog : Beri tanda v
g. Hanya username/only username : Kosongkan
h. Klik Kotak “berikutnya” atau “Next”
5.  Apabila terdapat tampilan blok merah pada isian yang anda tulis anda atau catatan terhadap jawaban anda, artinya anda harus mengganti tulisan/jawaban tersebut, karena ada orang lain telah menggunakan nama/tulisan yang sama. Misalnya ada orang lain menggunakan Alamat URL yang sama dengan yang anda pilih.
6. Pada lembar/halaman ke tiga anda diminta untuk mengisi :
a. Domain blog : Anda diminta untuk menetapkan alamat website/URL yang akan dibuat. Anda dapat mengganti alamat defaultnya dengan nama yang sesuai dengan kehendak anda atau tetap dengan nama yang ditawarkan oleh wordpress.com. Apabila sudah ditetapkan anda tidak dapat merubahnya. Contoh alamat URL : smoker.wordpress.com, bandungvariety.wordpress.com dan lain-lain.
b. Judul/title Blog : Silahkan tulis judul blog/website yang akan tampil di halaman muka blog anda. Namun pada umumnya judul blog menggambarkan focus dari bahasan/informasi utama dari blog anda. Misalnya Agrotechnopark, All about of Agriculture, My Think, Pernak pernik Sosial Politik atau cukup dengan Ude’s weblog saja…terserah anda….Judul blog bisa di edit kemudian.
c. Bahasa/language : Berikan pilihan bahasa yang akan digunakan untuk menulis berbagai tulisan anda atau fasilitas dashboard yang disediakan. Pilihan bahasa ini dapat disunting/diubah dikemudian hari.
d. Pribadi/personal :Beri tanda v, yang menyatakan anda setuju bahwa tulisan anda dapat dicari di mesin pencari seperti google search, technocrati.
e. Daftar/Register : Apabila seluruh kotak isian sudah terisi dan dianggap benar maka silahkan KLIK ! Tulisan “DAFTAR” atau “REGISTER “ Tunggu beberapa saat untuk verifikasi apakah lamaran anda membuat weblog/site diterima atau tidak !
f. Konfirmasi : Biasanya anda dipersilakan untuk membuka email anda untuk mengkonfirmasi bahwa anda telah menciptakan sebuah blog.  Buka saja email anda.
7. Di halaman ini terdapat tulisan “buat tulisan” untuk memberikan kesempatan pada anda untuk mengucapkan selamat datang pada dunia di website/blog anda atau menulis tulisan ringan, ide segar, atau unek-unek…bebas saja !!
8. “Ubah wadahan/tampilan/template” : untuk memberikan kesempatan pada anda untuk mengubah tampilan design blog/sites anda sesuai dengan pilihan yang disediakan wordpress atau design gambar yang anda buat sendiri sebelumnya dalam format JPEG misalnya.
9. “Lihat situs” : untuk melihat wajah asli situs yang telah anda buat !  Jika anda belum puas dengan tampilan blog anda silahkan klik Dashboard,
10.  Silahkan klik sana klik sini untuk mencoba semua tombol….. sampai anda paham fungsi masing-masing tombol dan utak-atik dulu design dan tulisan anda  Jangan ragu-ragu !  jika perlu coba semua theme sampai anda merasa siap mengundang teman-teman untuk mengunjungi blog/situs anda melalui fasilitas undang teman (invite friend) yang disediakan wordpress.com.
11. Jangan lupa log out  jika anda telah mengedit atau memposting tulisan dan ingin selesai.
11  Jika anda ingin kembali mengedit/update tulisan   silahkan masuk ke  http://wordpress.com   dan sig in   Tuliskan nama pengguna/username dan kata sandi/password yang telah anda ciptakan.
12.  Seringlah berkunjung  ke blog lain untuk bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan blog anda dengan memberikan komentar pada blog yang anda kunjungi.
13. Selamat mencoba

0 komentar: